Minggu, 12 Januari 2014

Tutorial Memebuat Tata Letak Khusus Panorama layout Cubemap

TataLetak Khusus PAnorama
Sebuah cubemap adalah tata letak khusus panorama , sering digunakan dalam permainan komputer . Tata letak ini memberikan paling sedikit distorsi dan limbah sebagai ruang tekstur sesedikit mungkin . Ada berbagai jenis layout cubemap . PhotoShop
Silahkan Lihat Hasil Dari tataLetak Khusus PAnorama


Berikut adalah beberapa contoh yang mungkin layout :

Konversi

Semua langit pada CGTextures tersedia dalam format cubemap , tetapi mungkin berguna untuk dapat mengkonversi antara format yang berbeda . Sebagai contoh, peregangan di atas dalam proyeksi persegi panjang ( " peta dunia " layout style) membuat sulit untuk melukis di atas langit . Untuk mengkonversi panorama persegi panjang untuk cubemap , Anda bisa menggunakan aplikasi 3D pilihan Anda ( mendirikan 6 kamera dan membuat keluar wajah kubus ) atau menggunakan salah satu dari berikut :

Pano2VR - Membuat preview 3D Flash dan mengkonversi ke segala macam layout panorama - € 59

NVidia DDS eksportir

Kebanyakan game pada Windows menggunakan format file DDS untuk tekstur mereka . Format file ini didukung oleh hardware kartu video. Kartu video memiliki memori terbatas , dan tekstur disimpan dengan kompresi dalam memori video dan didekompresi ' on the fly' saat ditarik pada layar . Ini menghemat banyak memori !

Untuk menyimpan cubemaps dalam format ini Anda dapat menggunakan plugin NVidia DDS Eksportir untuk Photoshop . The cubemaps tersedia di CGTextures sudah dalam urutan yang benar untuk menyimpan dengan plugin NVidia :

Ketika mengekspor ke tekstur DDS , pastikan ukuran adalah kekuatan dua . Periksa apakah cubemap Anda memiliki satu dari ukuran berikut :
1536 x 256 piksel
3072 x 512 piksel
6144 x 1024 piksel
12288 x 2048 piksel

Simpan dengan pengaturan sebagai berikut :

- DXT1 Kompresi ( warna polos , tidak ada alpha )
- Menu Drop down : Cubemap
- Tidak Mipmaps ( tergantung pada mesin Anda , mipmaps rendah dapat digunakan untuk pengaturan tampilan yang lebih rendah atau peta refleksi kubik )
Pengaturan ini hanya contoh . Tergantung pada mesin yang tepat , pengaturan lain mungkin diperlukan . Sebagai contoh, Source Engine ( Half Life 2 ) kebutuhan cubemap sebagai 5 file DDS terpisah , dengan hanya langit dalam gambar dan segala sesuatu di bawah cakrawala dipotong .

Contoh pengaturan ekspor untuk plugin eksportir NVidia DDS untuk Photoshop .


ATI CubeMapGen

Utilitas gratis lain untuk membuat DDS cubemaps adalah ATI CubeMapGen .

Fitur khusus dari utilitas ini adalah bahwa hal itu memungkinkan Anda membuat Mipmaps untuk cubemap Anda dengan penyaringan yang lebih baik . Nvidia Eksportir menyaring Mipmaps dalam isolasi ( wajah kubus terpisah tidak memiliki pengaruh pada satu sama lain ) , yang dapat menyebabkan artefak di Mipmaps . The ATI CubeMapGen menyaring cubemap secara keseluruhan .

Mipmaps ini dapat digunakan untuk shader logam buram atau untuk pencahayaan yang lebih baik , untuk informasi lebih lanjut lihat link ke artikel tentang convolved Cube Maps pada akhir halaman ini .
The ATI CubemapGen Utilitas membutuhkan cubemap di ' Vertikal Salib ' tata letak . Untuk mengkonversi antara NVidia Horizontal Strip dan tata letak Vertikal Salib Saya telah menciptakan beberapa tindakan Photoshop :

StripToCross.atn - Photoshop CS3 Actions untuk mengkonversi cubemaps ke Vertikal Salib .

Cukup jalankan menjalankan tindakan yang benar untuk tinggi gambar Anda , dan hasilnya akan menjadi cubemap di Vertikal Salib cubemap :

Menggunakan tindakan Photoshop untuk mengkonversi dari Horizontal Jalur ke Vertikal Salib mudah : hanya memilih yang benar tinggi dan bermain tekan .
Cubemap yang dihasilkan dalam format Vertikal Palang setelah menjalankan aksi , dan preview di ATI CubeMapGen .

Baca Juga 
Tutorial Gambar Tekstur Bervariasi dengan Warna PhotoshopTutorial Cara Mambuat Bagan Struktur Organisasi CorelDRAWTutorial Gambar Tekstur Bervariasi dengan Warna Photoshop

Gunakanlah Bahasa yang sopan santun
EmoticonEmoticon