Selasa, 30 April 2013

Lukisan Menakjubkan Dari Asap

Tags
Sepintas kita melihat, lukisan ini seperti terbuat dari coretan arang. Namun setelah mengamati lebih dekat dan seksama, barulah kita menyadari bahwa karya-karya ini sepenuhnya terbuat dari asap.



Rob Tarbell menciptakan lukisan ini dengan menggunakan asap



Rob menggunakan asap untuk menciptkan karya seni sejak 2007

Lukisan-lukisan mengagumkan ini adalah hasil karya Rob Tarbell, yang membuat efek karyanya dengan membakar benda seperti foto dan kartu kredit, dan selanjutnya menangkap asap di sebuah kertas yang dilekatkan pada langit-langit.

Ide untuk menggunakan asap muncul dikepala Rob pada 2007 silam, dimana ia menyadari bahwa asap dapat dikendalikan untuk menciptakan sesuatu bentuk seni, dan yang hanya ia butuhkan adalah medium untuk menyalurkannya.



Dalam menciptakan karyanya, Rob lebih sering menggunakan objek hewan



Menyadari bahaya yang dapat ditimbulkan, sang seniman selalu memakai baju pengaman serta masker saat mengerjakan karyanya

Mengingat bahaya yang dapat terjadi saat ia mengerjakan karyanya, Rob mengenakan pakaian tahan api, serta sebuah masker dengan penyaring karbon.


sumber :

Senin, 29 April 2013

Cara Sehat Bekerja di Depan Komputer dan Mata Bersih

Untuk orang yang pekerjaannya sedikit berhubungan dengan computer masalah tersebut memang tidak terlalu mengganggu, tetapi jika untuk orang yang pekerjaannya tiap hari didepan computer, masalah tersebut akan sangat mengganggu. Untuk menghilangkan masalah tersebut memanglah sulit, tetapi jika untuk mengurangi masalah tersebut agar tidak mengganggu pekerjaan kita, saya akan memberi sedikit tips yang semoga dapat mengurangi rasa capek akibat bekerja didepan computer terlalu lama.

Tips nya sebagai berikut :

1.Biasakanlah bangun pagi diwaktu fajar.
Karena menurut para pakar kesehatan menyatakan bahwa udara diwaktu fajar amat kaya akan oksigen, sehingga sangat bermanfaat untuk optimalisasi metabolisme tubuh yang berpengaruh terhadap vitalitas seseorang dalam aktifitasnya sehari penuh. Itulah sebabnya orang yang memulai aktifitas dengan bangun di waktu fajar biasanya menjalani hari dengan penuh kesegaran, semangat dan optimis.

2.Biasakanlah setelah bangun pagi anda meminum segelas air putih ditambah dengan sesendok madu asli. Karena menurut penelitian oleh para pakar kesehatan madu merupakan obat yang mengandung mikronutrisi dan sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk mencegah atau melindungi tubuh dari berbagai penyakit.

3.Kemudian mandi dengan air dingin.
Karena mandi menggunakan air dingin dapat mempengaruhi suasana hati atau perasaan kita menjadi positif, dan untuk menghindarkan kita dari rasa ngantuk pada saat bekerja.

4.Siapkan segelas air putih di meja kerja anda.
Sebelum anda memulai bekerja dengan computer , siapkanlah segelas air putih di meja kerja anda, ini untuk memudahkan anda supaya tidak perlu pergi atau beranjak dari tempat duduk anad saat anda merasa haus di waktu sedang bekerja.

5.Atur posisi duduk anda
Kemudian posisikan mata anda sejajar dengan monitor computer, menurut penelitian, dengan memposisikan pandangan mata dan badan kita terhadap monitor computer dapat mengurangi rasa lelah pada mata dan punggung kita.

6.Kemudian minumlah air putih
Jika anda sudah bekerja cukup lama, sesekali tegakkan badan dan berdiri kemudian minumlah air putih yang telah anda siapkankan tadi. Dengan berdiri dan meminum segelas air putih dapat melencarkan peredaran darah kita yang sempat terhambat saat kita terlalu lama duduk.

7.Kemudian kembalilah duduk. Setelah itu buatlah tulisan diudara menggunakan kaki kanan dan dilanjutkan dengan kaki kiri. Hal ini dilakukan untuk menghilangkan rasa jenuh anda ketika terlalu lama bekerja.

Itulah beberapa tips dari ane dan semoga dapat bermanfaat bagi anda.
Selamat Bekerja dan semoga sukses selalu.
Sumber

24 Desain Jam Dinding Yang Tidak Biasa Kreatif Indah dan Unik

Tags
24 Desain Jam Dinding Yang Tidak Biasa Kreatif Indah dan Unik - Posting ini adalah bagian dari seri sehari-hari kita posting yang menunjukkan gambar yang paling lucu dipilih oleh beberapa moderator FunnyNeel dan pengguna. Jika Anda ingin berpartisipasi dan berbagi beberapa gambar lucu Anda, kirim melalui email mulki.mu@gmail.com, juga menggunakan "Gambar Lucu" dalam subjek. Anda dapat berlangganan dengan via  Like Facebook  kami untuk menerima Artikel Harian Kami.
gambar jam dinding
Saya suka desain yang tidak biasa dan kreatif dari benda sehari-hari. Dalam posting ini, Anda akan melihat objek lain sehari-hari, jam dinding. Karena jam dinding tidak begitu populer saat ini, Anda masih ingin memiliki jam dinding bergaya di dinding untuk dekorasi. Berikut adalah 25 contoh untuk jam dinding biasa. Sepertinya sulit untuk membaca waktu dengan jam itu. Tapi siapa yang peduli. Ini adalah semua tentang desain yang indah. Anda masih dapat memeriksa jam tangan atau ponsel untuk waktu. Tapi lebih baik memiliki jam bagus di dinding untuk mempercantik ruangan Anda. Jam ini unik dapat membumbui kamar modern Anda.
unusual wall clock design creative brilliant amazing funny clock watch unusual wall clock design creative brilliant amazing funny clock watch unusual wall clock design creative brilliant amazing funny clock watch unusual wall clock design creative brilliant amazing funny clock watch unusual wall clock design creative brilliant amazing funny clock watch unusual wall clock design creative brilliant amazing funny clock watch unusual wall clock design creative brilliant amazing funny clock watch unusual wall clock design creative brilliant amazing funny clock watch unusual wall clock design creative brilliant amazing funny clock watch unusual wall clock design creative brilliant amazing funny clock watch unusual wall clock design creative brilliant amazing funny clock watch unusual wall clock design creative brilliant amazing funny clock watch unusual wall clock design creative brilliant amazing funny clock watch unusual wall clock design creative brilliant amazing funny clock watch gambar jam dinding unusual wall clock design creative brilliant amazing funny clock watch unusual wall clock design creative brilliant amazing funny clock watch gambar jam dinding unusual wall clock design creative brilliant amazing funny clock watch gambar jam dinding gambar jam dinding Desain jam dinding unusual wall clock design creative brilliant amazing funny clock watch unusual wall clock design creative brilliant amazing funny clock watch unusual wall clock design creative brilliant amazing funny clock watch

Minggu, 28 April 2013

7 Hewan Digunakan Sebagai Mata-Mata Canggih

Tags
1. Burung nasar
[/ALTIMG][/SPOILER]
Arab Saudi baru-baru ini menuduh burung nasar sebagai mata-mata setelah ditemukan membawa gelang pemancar di kaki yang dipasang ilmuwan Universitas Israel. Para peneliti beralasan bahwa penandaan itu digunakan untuk mempelajari pola migrasi.

2. Kucing
Pada tahun 1960-an, CIA dilaporkan melakukan pembedahan untuk memasukkan mikrofon dan pemancar ke dalam kucing, proyek dijuluki "Acoustic Kitty." Mantan petugas CIA Victor Marchetti mengatakan pada The Telegraph tentang proyek itu

"dengan membedah kucing, memasukkan baterai ke dalam dirinya, kabel . Ekor digunakan sebagai antena, Mereka membuat suatu keburukan.. "

Kucing kabel pertama , menurut Guardian, dilepas untuk memata-matai dan dengan hanya beberapa langkah menuju sasaran sebelum kucing tertabrak taksi. lalu CIA menyimpulkan bahwa proyek ini tidak praktis untuk mengumpulkan data - data intelijen.

3.Tupai
Polisi Iran dilaporkan menangkap 14 tupai atas dugaan mata-mata pada tahun 2007.Menurut Mental Floss, badan intelijen asing menemukan bahwa tupai telah dilengkapi dengan peralatan untuk menguping.

" Sementara itu, sumber Luar Negeri melaporkan kepada Sky News bahwa "cerita ini adalah konyol."

4. Merpati
Iran mengklaim telah menemukan "merpati mata-mata" di dekat fasilitas nuklir pada tahun 2008.Tuduhan ini bukan yang pertama dari jenisnya. Menurut Wired, merpati pembawa kamera mungkin telah ada sejak tahun 1903, ketika seorang insinyur Jerman bereksperimen dengan ide tersebut.

Merpati telah memainkan peran yang begitu kuat dalam masa perang saya bahwa, seekor merpati Cher Ami, memenangkan medali karena menyelamatkan nyawa tentara AS selama Perang Dunia I. Dan bagaimana merpati mata-mata ini bisa dilumpuhkan ?

Dalam Dunia Perang Dunia ke-II, Inggris menggunakan dua Erang dr luar negeri untuk mencegat merpati mata-mata Jerman, dan beberapa keberhasilan yang dilaporkan.

5.Singa Laut dan Lumba-Lumba
Angkatan Laut AS telah merekrut singa laut dan lumba-lumba untuk Marine Mammal Program.

Tampaknya militer tidak diilhami oleh ironi perekrutan "Navy Seal," tetapi lebih memilih hewan-hewan ini karena kemampuan mereka untuk mendengar dan melihat di bawah air dengan cahaya rendah.

Jadi, mamalia telah dilatih untuk menyapu untuk tambang, membawa kamera, dan bahkan manset tersangka di bawah air.

Kelompok Penyayang Binatang keberatan menggunakan hewan-hewan ini dalam pertempuran.
"Perang adalah untuk manusia saat orang-orang dan partai politik dapat memutuskan perang diperlukan, hewan tidak bisa," kata Dawn Carr Masyarakat untuk Perlakuan Etis Hewan pada BBC.

6.Elang
Elang dicurigai menjadi mata-mata setelah para pejabat India menemukan burung membawa apa yang tampak seperti Perlengkapan untuk pengawasan berteknologi tinggi.

Menurut BBC, India awalnya menduga ini ulah elang mata-mata dari Pakistan, seorang perwira polisi senior menjelaskan, dia menyatakan bahwa burung-burung itu hanya digunakan untuk membantu dengan ekspedisi berburu. engan kata lain, kelompok Elang ini memata-matai, tetapi pada burung lain, bukan pada orang.

7. Serangga
Para ilmuwan dilaporkan bereksperimen dengan serangga untuk pengintaian. Telegraph menjelaskan bahwa elektroda, baterai, dan kamera video sedang dipasang ke serangga. US Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) dapat bekerja untuk memasukkan otak dengan pemancar ke dalam ngengat dan kumbang saat masih kepompong.

Hal ini diyakini bahwa makhluk yang secara alami akan menggabungkan implan ke dalam tubuh mereka ketika mereka berkembang.

Sumber

Sabtu, 27 April 2013

Cara Daftar Google Adsense dengan Akun YouTube

Tags
Bagaimana cara di terima permintaan di google adsense dengan melalui pihak ketiga google yaitu youtube, saya sendiripun mengaku kesulitan dalam hal pendaftaran google adsense karena selalu di tolak oleh beberapa alasan.
ok tanpa basa basi lagi mari kita lihat tutorial bagaimana cara mendaftar adsense melalui youtube approved 100%
  • pertama anda harus membuat akun gmail terlebih dahulu, tapi kalau mau memakai akun gmail yang sudah terdaftar untuk blogger juga tidak apa apa ( asalkan tidak bekas akun banned )

  • siapkan video untuk di upload ke youtube ( minimal 2-3 video ) video harus original tidak boleh hasil unduhan lain dari situ lain atauu melanggar copyright seperti cover band dan mp3 usahakan untuk membuatnya seunik mungkin, kalo saya upload video tentang kegiatan saya saat rekaman lagu band saya.

  • next, setelah upload video, anda klik “Settings” pada tab menu YouTube trus liat sidebar di sebelah kiri
Klik tulisan “Monetization” dan klik tulisan “Enable My Account”


  • setelah itu ikuti langkah-langkah tersebut sampai On Monetization, apabila step ini lancar maka kemungkinan besar akan di setujui permintaan kita untuk permohonan google adsense
  • Next, scroll ke bawah dan cari tulisan. How will I be paid?
anda klik dan nanti akan muncul pesan seperti gambar berikut:

  • You must associate an AdSense account to your YouTube account in order to be paid”
klik link associate an AdSense account dan nanti akan muncul pesan yang intinya anda akan diredirect ke akun Adsense anda yang sudah ada atau jika tidak punya akun adsense maka anda bisa daftar baru.
  • Klik tombol next dibawah pesan tersebut, dan disinilah kesempatan anda buat dapat akun Adsense baru for YouTube. Jika proses daftar selesai maka anda akan diredirect kembali ke account YouTube anda.
Final steps, Klik video manager pada tab menu sebelah kiri atas. Nanti akan muncul gambar seperti ini:

  1. Jika muncul button $ berwarna ijo terang disamping video ente, berarti video ente sudah berhasil dimonetize. Tapi, jika buttonnya berwarna ijo kelabu, berarti video ente masih menunggu review buat bisa dimonetize.
  2. Jika muncul button $ berwarna putih, berarti videonya belom ente monetize. Untuk memonetize, ente centang video tersebut lalu scroll ke atas dan klik menu Actions, muncul dah tombol buat monetize.
  3. Untuk melihat earning Adsense di YouTube, bisa ente liat di menu analytics
  4. That’s it, smoga ente berhasil buat dapet akun Adsense baru.

Jumat, 26 April 2013

Beberapa tips pengambilan gambar via ponsel

Kamera ponsel memiliki kelebihan dalam hal keringkasan dan sudut pengambilan gambar yang lebih leluasa dibandingkan dengan kamera DSLR. Dengan mengetahui trik-trik pengambilan gambar via ponsel, tidak tertutup kemungkinan seorang fotografer menghasilkan karya menawan.

Berikut beberapa tips pengambilan gambar via ponsel:

1. Bermain angle - Jangan hanya mengambil foto dari sudut pandang mata Anda. Berkreasilah dengan low angle, high angle atau sudut lain untuk mendapatkan foto yang menarik.

2. Ambil secara dekat - Karena ponsel kamera memiliki resolusi lebih rendah dari kamera digital, maka ambillah gambar sedekat yang Anda bisa. Namun pastikan untuk tetap berada dalam kisaran yang tepat sehingga foto Anda tidak terlihat blur.

3. Selalu fokus - Memilih untuk fokus pada satu objek tertentu umumnya akan membuat foto lebih menarik alih-alih mengambil keseluruhan fokus.

4. Pastikan subjek Anda dalam kondisi cukup cahaya - Jika kamera Anda tidak memiliki built-in flash, cobalah untuk mengambil foto di lingkungan dengan pencahayaan yang cukup. Jika Anda berada dalam ruangan, cobalah untuk menyalakan lampu.

5. Jaga lensa kamera Anda tetap bersih - Kamera ponsel memang gampang kotor. Pastikan untuk menyeka lensa Anda dengan pembersih yang tepat sebelum membidik obyek.

Sumber

Kamis, 25 April 2013

Film Animasi Terkenal dan Awal Perkembangan Animasi

Animasi secara sederhana bisa kita katakan sebuah ilustrasi atau gambar yang dicetak dalam frame demi frame. Tiap-tiap frame memiliki gambar yang berbeda (nyaris sama) satu sama lain sehingga jika diproyeksikan (bergerak secara cepat) terciptalah ilusi pergerakan gambar. Perkembangan teknik animasi dari masa ke masa demikian pesat. Sejak awal kali pertama para pembuat animasi langsung menggambar pada frame filmnya hingga kini telah menggunakan teknologi digital. Dari animasi dua dimensi (2-D), lalu animasi stop-motion, kini berkembang menjadi animasi tiga dimensi digital (CGI). Batasan film animasi juga semakin “kabur” karena teknik animasi kini lazim digunakan sebagai efek visual untuk film-film non-animasi, seperti sering kita lihat pada film-film fiksi ilmiah serta fantasi.
Animasi juga sering disebut sebagai atribut genre. Animasi bukanlah genre namun lebih tepatnya merupakan sebuah teknik. Film animasi memiliki jangkauan wilayah cerita serta genre yang luas, seperti drama, fiksi-ilmiah, perang, fantasi, horor, musikal, hingga epik sejarah. Walau bisa dinikmati oleh semua kalangan, film animasi juga identik sebagai film hiburan anak-anak karena pada kenyataannya sebagian besar film yang diproduksi memang ditujukan untuk anak-anak. Dalam beberapa kasus seperti di Jepang misalnya, film animasi juga diproduksi untuk segmen penonton dewasa.

Awal Perkembangan Animasi
Sejak awal ditemukannya sinema, para pembuat film telah menggunakan teknik animasi untuk menghasilkan efek visual, seperti ledakan, roket, serta benda terbang lainnya dalam film-film mereka. Film animasi penuh pendek pertama dengan format film standart tercatat adalah Humorous Phases of Funny Faces (1906) yang diproduksi oleh kartunis surat kabar Amerika, J. Stuart Blackton. Film animasi ini menggambarkan seorang kartunis yang tengah menggambar wajah di sebuah papan tulis. Di wilayah Eropa film animasi pendek Fantasmagorie (1908) karya Émile Cohl asal Perancis tercatat sebagai salah satu film animasi tertua. Sementara film animasi panjang pertama adalah El Apóstol (1917) karya Quirino Cristiani, animator asal Argentina. Animasi stop-motion “3-D” pertama tercatat adalah The Grasshopper and the Ant (1911) dan The Cameraman's Revenge (1911) karya animator Soviet Wladislaw Starewicz. Pada periode film bisu ini, film-film animasi berkembang demikian pesat hampir di seluruh negara di dunia baik di Asia, Eropa, dan terutama di Amerika.

Karakter animasi pertama yang sangat berpengaruh dan sukses adalah Gertie, si Brontosaurus dalam Gertie the Dinosaur (1914) yang filmnya berisi sebanyak 10.000 frame gambar. Sang kreator adalah animator komik kenamaan harian New York Herald, yakni Winsor McCay. Beberapa tahun kemudian karakter populer, si kucing Felix karya animator Otto Messmer, muncul pertama kali dalam film Feline Follies (1919) dan Musical Mews (1919). Kucing superstar ini muncul dalam ratusan film pada satu dekade ke depan dan tercatat merupakan karakter animasi pertama yang sukses menjadi merchandise. The Last Life (1928) tercatat sebagai film animasi Felix terakhir yang popularitasnya semakin menurun karena munculnya teknologi suara dan kalah bersaing dengan superstar Walt Disney, Mickey Mouse. Sementara animator legendaris Walt Disney semasa era film bisu ini tercatat telah sukses dengan seri kartun Alice serta Oswald, Si Kelinci.

Animasi di Era Awal Film Bicara
..Datangnya teknologi suara pada akhir dekade 20-an semakin mendukung perkembangan film animasi. Pada tahun 1928, Ub Werks, animator studio Disney mengembangkan karakter baru sebagai pesaing karakter Felix The Cat. Karakter animasi populer, Mickey Mouse muncul pertama kali dalam Plane Crazy (1928) serta diikuti Steamboat Willie (1928). Dalam Steamboat Willie, karakter Mickey telah muncul bersama pasangannya Minnie, yang suara keduanya diisi sendiri oleh Walt Disney. Steamboat Willie juga tercatat sebagai film animasi pertama yang menggunakan sinkronisasi suara. Film ini merupakan landmark bagi perkembangan film animasi sekaligus pemicu sukses karakter si tikus setelahnya. Dalam perkembangan selanjutnya Walt Disney berkembang menjadi studio pelopor yang paling sukses memproduksi film-film animasi.
Tidak kalah dengan Disney beberapa studio kompetitor lainnya turut mengembangkan beberapa karakter animasi yang masih dikenal hingga kini. Fleischer Brothers adalah empat bersaudara yang bertanggungjawab mempopulerkan karakter-karakter populer seperti Bimbo, Betty Boob, hingga Popeye. Si cantik Betty Boob mulai populer dalam film Silly Scandals (1931) namun setelah sukses dengan beberapa filmnya karakter ini mulai memudar setelah munculnya lembaga sensor film. Sementara karakter Popeye muncul pertama kali bersama Betty Boop dalam Popeye the Sailor (1933). Sejak tahun 1938, Popeye menggantikan Mickey Mouse sebagai karakter animasi paling populer di Amerika yang bertahan hingga dua dekade ke depan. Fleischer Brothers bersama DC Comics kelak juga mempelopori film animasi superhero populer, Superman (1941) yang diikuti belasan seri lainnya.

Periode Emas Film Animasi di Era Klasik

Selain sukses dengan seri Mickey Mouse, Disney juga sukses besar dengan seri kartun Silly Symphony. Seri pertamanya adalah Skeleton Dance (1929) dan kemudian berlanjut sampai dengan 70 episode lebih hingga tahun 1939. Selama satu dekade ini seri Silly Symphony juga sukses menyabet tujuh Oscar untuk kategori animasi pendek terbaik. Flowers and Tree (1932) adalah peraih Oscar pertama untuk studio Disney serta tercatat sebagai film animasi pertama yang menggunakan teknologi tiga warna (technicolor). Seri yang paling populer adalah The Three Little Pigs (1933) dengan lagu hit-nya Who’s Afraid of the Big Bad Wolf?. Pada era 30-an ini pula ikon populer Disney lainnya mulai bermunculan, yakni Pluto, Goofy, serta Donald Duck.
Walt Disney meraih kejayaannya pada akhir dekade 30-an hingga 50-an melalui belasan film animasi panjangnya. Disney mengawali rentetan suksesnya melalui animasi klasik, Snow White and the Seven Dwarfs (1937) yang tercatat sebagai pencetak keuntungan terbesar pada tahun rilisnya. Film yang merupakan perpaduan roman, fantasi, serta musikal ini menjadi formula dasar bagi film-film klasik Disney berikutnya, seperti Pinocchio (1940), Bambi (1942), Cinderella (1950), Alice in Wonderland (1951), serta Sleeping Beauty (1959). Disney juga melakukan terobosan besar melalui film termahalnya saat itu, yakni Fantasia (1940) yang merupakan perpaduan harmonis antara musik klasik dengan animasi.
..
Studio Warner Bros. (WB) bersama tim animatornya, Isadore "Friz" Freleng, Bob Clampett, Chuck Jones, serta Tex Avery, bersaing dengan Disney melalui seri kartunnya yang ekstrem, brutal, serta “sadistik” yang memang ditujukan untuk penonton dewasa melalui seri Looney Toons dan Happy Harmonies. Melalui seri inilah ikon-ikon kartun klasik seperti Porky Pigs, Bugs Bunny, Elmer Fudd, Duffy Duck, Sylvester, Tweety, Speedy Gonzales, Road Runner, hingga Coyote mulai muncul. Mel Blanc juga dikenal sebagai pengisi suara nyaris semua ikon kartun WB tersebut. Sementara karakter kartun eksentrik WB lainnya, yakni Pink Panther baru muncul pada awal dekade 60-an.

Sementara itu studio MGM bersama William Hanna dan Joseph Barbera menjadi rival serius Disney dan WB melalui seri kartun populernya, Tom & Jerry. Dua karakter ini muncul pertama kali dalam Puss Gets the Boot (1940). Sukses film ini berlanjut hingga dua dekade ke depan yang diproduksi hingga lebih dari seratus judul. Karakter kucing dan tikus ini mampu mendobrak dominasi Disney dengan meraih Oscar (animasi pendek terbaik) lebih banyak dibandingkan seri kartun lainnya. Dalam dekade 40-an saja tercatat ada lima judul film yang meraih Oscar yakni, Yankee Doodle Mouse (1943), Mouse Trouble (1944), Quiet, Please! (1945), The Cat Concerto (1946) serta The Little Orphan (1948).

..Pada periode ini teknik animasi stop-motion juga populer yang dipelopori oleh Ray Harryhausen, yang dijuluki pula bapak animasi stop-motion. Teknik ini sering digunakan sebagai efek visual dalam film-film fiksi ilmiah untuk menggambarkan karakter raksasa, monster, makhluk angkasa, dan lain sebagainya. Ray mulai terlibat produksi animasi stop-motion dalam Mighty Joe Young (1949), dan namanya mulai dikenal setelah bekerja dalam film-film sukses seperti Earth vs. The Flying Saucers (1956), The 7th Voyage of Sinbad (1958), Mysterious Island (1961), serta Jason and the Argonauts (1963). Ray masih terlibat dalam produksi animasi stop-motion hingga awal dekade 80-an.

Pada era akhir 60-an hingga pertengahan 80-an film animasi nyaris tidak mengalami perkembangan yang berarti. Disney sepanjang dua dekade ini hanya mengeluarkan film-film animasi kelas duanya, seperti The Aristocats (1970), The Rescuers (1977), hingga Tron (1982). Sistem sensor yang mulai memudar di awal dekade 60-an juga berdampak pada film-film animasi seperti tampak pada karya-karya Ralph Bakshi. Salah satu arahannya, Fritz the Cats (1972) merupakan film animasi pertama yang mendapatkan rating X. Film ini berkisah tentang seekor kucing yang menyukai kecantikan dan obat-obatan. Bakshi juga memproduksi animasi unik bertema fantasi, Wizard (1977) dan The Lord of the Rings (1978).

Perkembangan di Era 80-an hingga Kini

Pada era akhir 80-an hingga pertengahan 90-an Disney akhirnya kembali berjaya dengan film-film animasi konvensionalnya seperti pada era klasik. Diawali dengan kisah si putri duyung, The Little Mermaid (1989) yang sukses luar biasa sehingga pihak studio semakin bergairah memproduksi animasi sejenis. Sukses fenomenal berlanjut melalui film-film animasi seperti The Beauty and the Beast (1991), Alladin (1992), The Lion King (1994), Pocahontas (1995), serta Mulan (1998). Selain sukses komersil, The Beauty and the Beast juga tercatat sebagai film animasi pertama yang meraih nominasi Oscar untuk film terbaik. Sementara The Lion King pada masanya mencatatkan diri sebagai film animasi terlaris sepanjang sejarah. Semenjak era digital mendominasi, popularitas animasi tradisional Disney semakin menurun. Tercatat Home on the Range (2004) adalah film 2-D terakhir yang diproduksi Disney.

..Pencapaian mengagumkan juga diperlihatkan film komedi Who Framed Roger Rabbit (1988) yang mampu menggabungkan animasi dengan aksi nyata secara meyakinkan. Film ini menampilkan nyaris semua ikon-ikon kartun era klasik baik Disney, WB, serta MGM. Teknik animasi stop-motion rupanya juga masih menjadi pilihan terbukti dengan suksesnya film The Nightmare Before Christmas (1993), James and the Giant Peach (1996), Chicken Run (2000), serta Wallace & Gromit: The Curse of the Were-Rabbit (2005). Animasi 2-D juga rupanya masih menjanjikan melalui adaptasi seri kartun televisi seperti Southpark: Bigger, Longer, and Uncut (1999), Pokemon The Movie (1999), The SpongeBob SquarePants Movie (2004) serta The Simpsons Movie (2007).

Rekayasa digital (CGI) pada pertengahan dekade 90-an akhirnya mulai mengambil-alih teknik animasi konvensional dengan pencapaian grafis yang sangat mengagumkan. CGI pun sudah lazim digunakan untuk efek visual film-film non-animasi, seperti Terminator 2 (1991) dan Jurrasic Park (1993). Dimotori oleh studio animasi Pixar, teknologi CGI mulai mendominasi pasar film-film animasi yang diproduksi pada dekade ini hingga mendatang. Bekerja sama dengan Disney, Pixar mengawali suksesnya melalui Toy Story (1995) yang menjadi tonggak sejarah perkembangan animasi di era digital. Kolaborasi Disney-Pixar berlanjut melalui film-film sukses berkualitas tinggi seperti, Toy Story 2 (1999), Monster Inc. (2001), Finding Nemo (2003), serta The Incredibles (2004). Pada tahun 2006, Disney membeli studio Pixar dan terbukti sukses dengan film-film berikutnya seperti Ratatouille (2007), serta yang baru lalu Wall-E (2008). Studio Dreamworks menjadi rival serius Disney melalui Shrek (2001) serta sekuelnya Shrek 2 (2004) yang sukses begitu fenomenal. Studio 20th Century Fox juga sukses melalui Ice Age (2002) bersama sekuelnya, Ice Age 2: The Meltdown (2006).

Dalam perkembangan tercatat beberapa film animasi produksi luar Amerika yang cukup menarik perhatian. Sekalipun tidak mampu bersaing secara komersil dengan film-film animasi produksi Amerika namun mereka menampilkan sesuatu yang berbeda sekaligus mampu bersaing dalam ajang bergengsi sekelas Academy Awards. Setelah sukses internasional melalui Princess Mononoke (1997), film animasi Jepang (anime) akhirnya mampu meraih Oscar melalui film fantasi petualangan unik, Spirited Away (2002). Film-film animasi unik produksi Perancis juga mendapat pengakuan tinggi di ajang yang sama, seperti The Triplets of Belleville (2003) serta Persepolis (2006). Dalam perkembangan ke depan rasanya film-film animasi produksi Amerika masih akan terus mendominasi pasar dunia. Film animasi tradisional 2-D lambat tapi pasti akan menghilang tergantikan oleh film animasi 3-D yang semakin tinggi kualitasnya. (hp)

sumber